Tempe Dinner Experience – Gadjah Wong Restaurant

Cemilan favorite yang wajib ada ketika pulang ke rumah adalah tempe goreng. Ibu selalu stok tempe kedelai di rumah, saya pun tidak pernah bosan dengan cemilan ini. 
Tepat tanggal 8 November 2016 lalu, berkesempatan untuk mengikuti Tempe Dinner Experience di Gadjah Wong Restaurant. Ini kali pertama saya dinner di Gadjah Wong Restaurant dan saya begitu mengagumi tempat yang digunakan acara dinner ini. Suasana rumah adat jawa, yang bagian tengahnya terdapat seperangkat gamelan dan penabuhnya, lengkap dengan para sinden yang siap bernyanyi. Gadjah Wong Restaurant ini terletak di Jalan Gejayan No 79D Depok, Caturtunggal, Depok, Sleman. Tepatnya di sebalah timur jalan. 
Dalam acara ini saya sebagai peserta mencicipi beberapa hidangan dengan bahan utama tempe, Di rumah tempe disajikan secara sederhana digoreng dengan tepung, namun dalam acara ini disajikan beberapa menu dari olahan tempe mulai dari starters, main courses dan desserts nya. Acara ini terselenggara dengan tujuan untuk penelitian yang dilakukan oleh Dwi Lasarsari Nur Fibri yang masih menyelesaikan study nya di Department Food Science, University of Copenhagen. Berbagai macam tempe lokal dan import, semuanya masih segar dan diolah oleh Chef Nordic Food Lab Denmark dan Chef Gadjah Wong Restaurant. Berikut adalah menu Tempe Dinner Experience:
 

Welcome Drink – Cold Lemon Grass and Ginger Fusion

Ketika saya berangkat kondisi cuaca sedang hujan ringan. Sesampainya di lokasi maaih sedikit gerimis dan langsung mengisi presensi dan ketemu juga sama emak ketje Ardiba. Langsung saya dapat welcome drink. Karna suasana memang dingin sepertinya kurang pass untuk saya untuk minum minuman dingin dan sebenarnya rasanya enak. 


Starters – Spring Roll Filled with Velvet Bean Tempe
Setelah semua peserta hadir, acara dimulai pada pukul 19.00 di buka oleh mba Dwi. Hidangan pertama sepertinya sudah tidak asing.


Starters – Velvet been Tempeto on Leaf and Root
Pada hidangan ini habis saya makan, kecuali petai nya ya.


Main Courses – Local Soybean Tempe sate with Lontong



Main Courses – Rice, Gongseng Leaves and Tempeto Sauce from Local Soybean


Deserts – Onde-onde and Es Campur with Imported Soybean Tempe
Inilah hidangan yg saya suka dari keseluruhan es campur ada tempenya dan rasa manis nya pass untuk saya.



Deserts – Snake Fruit Juice, Fem Leaves and Imported Soybean Tempeto


Drinks – Lemon Mint Squash
Drinks – Mineral Water

 
Setiap hidangan kami diberikan waktu sekitar dua puluh menig untuk mencicipi hidangan dan mengisi survei yang disiapkan oleh penyelenggara. Acara selesai pada pukul 22.00, kami pulang dengan membawa bingkisan kenangan. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *