Keselamatan di Mulai dari Diri Sendiri



Hai hai, ketemu lagi sama coretan via di sini. Apakabar kalian semua? Jaga kesehatan ya gaes, Jogja ujan terus tiap hari. Yhaaa, kali ini saya akan sharing tentang pengalaman kemarin hari minggu tanggal 27 November 2016. Saya mengikuti Safety Riding Education yang diselelenggarakan oleh Yamaha Riding Academy yang bertempat di Stadion Maguwoharjo sayap barat. Sebelum acara di mulai kami diminta untuk mengisi presensi.

Peserta mengisi Presensi


Setelah semua sudah presensi, kami masuk ruangan. Acara dimulai oleh MC, selanjutnya sesi pertama kita dijelasin soal safety riding dan safety mind. Yang disampaikan oleh Instruktur Yuni dan Danang. 
MC dan Para Instruktur

 

Ternyata saat ini sepeda motor mempunyai nilai kecelakaan tinggi, karena tak dapat dipungkiri sepeda motor adalah alat transportasi yang paling mudah digunakan. Semakin bertambah penggunaan sepeda motor, semakin bertambah pula kecelakaan yang terjadi. Maka dari itu pengetahuan safety riding sangatlah penting. Trilogi terjadinya kecelakan adalah Manusia, Kendaraan dan Lingkungan.


Manusia 

Seorang pengendara wajib disiplin terhadap peraturan rambu-rambu lalulintas dan beretika dengan menghormati antar pengguna jalan yang lain. Faktor yang kedua adalah kondisi fisik dan emosi pengendara juga penting (hayooo sapa yang biasa baper dijalan?) Faktor ketiga yang berasal dari manusia adalah ketrampilan berkendara (ini nih yg sering salah ngerem, pandangan enggak fokus) mampu mengendari saja tidak cukup, kita tetap harus menguasai sepeda motor yang kita kendarai. Kecepatan standart itu sesuai dengan skill pengendara, sehingga pengendara satu dengan yang lain mempunyai kecepatan standart yang berbeda. 


Kendaraan

Saat berkendara kita harus mengenali karakter motornya. Bagaimana remnya, akselerasinya karna seiring berjalannya waktu ada part-part yang kurang maksimal kerjanya. Sebelum berkendara kita cek dulu send nya klakson. Pada saat mengendarai motor pandangan kedepan, kemudian gas pelan. Lakukan perawatan berkala secara teratur untuk tetap menjaga peforma motor.


Lingkungan

Faktor lingkungan meliputi kondisi jalan yang rusak, ramai. Serta kita harus memperhatikan faktor cuaca.


Sesi selanjutnya tim YRA menunjukan bagaimana posisi saat berkendara yang benar. Posisi lengan tangan harus santai dan tidak kaku. Nahhh, saya punya kebiasaan jari telunjuk dan jari tengah nongkrong pada rem. Ternyata jari jari tetap berada di tempatnya ya. Selengkapnya ada di video bawah ini. 




Setelah kami dijelaskan secara teori, kami terjun ke lapangan untuk praktek langsung Chidori, Slalom dan teknik pengereman. Satu per satu peserta mencoba untuk praktek langsung. 
Serunya lagi, setelah kami praktek ada challenge Gymkhana dari tim YRA untuk para lelaki menggunakan Yamaha Xabre dan untuk para wanita menggunakan Yamaha Nmax. oh em ji . . . Saya mundur teratur secara belum pernah mengendarai Nmax. Namun karna penasaran saya ikut challenge tersebut. Ini pertama kali bagi saya pegang nmax, naik nmax dan mengendarai nmax tapi sekalinya mengendari langsung ikut challenge. First impression naik nmax??? Body nya berat, tapi stang nya ringan. Namun hanya beberapa peserta saja yang mengikuti Gymkhana. Setelah gymkhana selesai lanjut penutupan dengan pembagian sertifikat, dan pembagian hadiah. Horeeiiii saya bawa pulang hadiah challege sosmed dan gymkhana. 

 

Penyerahan Hadiah Sosmed


Penyerahaan Hadiah Gymkhana

 

Untuk info mengenai YRA kalian bisa kepoin FB Yra Jogja, Instagram dan twitter @YRAJogja. Terimakasih untuk tim YRA Jogja, sangat berharga dan bermanfaat ilmunya bagi kami. Dan kami siap berbagi pengalaman ini kepada temen temen. Selalu utamakan keselamatan ya gaes. Berkendara wajib pakai helm sni, jaket, kaos tangan dan sepatu. Sayangi dulu diri kita sendiri. Keselamatan kita mulai dari diri kita sendiri. Well, sekian dulu ya coretan via, kalau kalian suka coretan ini jangan lupa comment dan share ya. Bye bye…

 

Peserta Safety Riding


Peserta Safety Riding

 

10 Comments

  1. elzha December 4, 2016 Reply
  2. Arifah Wulansari December 4, 2016 Reply
  3. huda December 7, 2016 Reply
  4. Laurentia Servia RY December 7, 2016 Reply
  5. Laurentia Servia RY December 7, 2016 Reply
  6. Laurentia Servia RY December 7, 2016 Reply
  7. Sutanto prabowo December 7, 2016 Reply
  8. Achmad Muttohar December 7, 2016 Reply
  9. Laurentia Servia RY December 7, 2016 Reply
  10. Laurentia Servia RY December 7, 2016 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *