Kegiatan Apa Saja yang ada di Bhumi Merapi?

Hai hai, ketemu lagi sama coretan Via di sini. Masih di topik yang sama, yaitu seputar wisata, kali ini saya mengunjungi Agro Wisata Bhumi Merapi. Jangan kawatir ya gaes, lokasinya mudah di cari dari Ringroad Utara – Jalan Kaliurang – Pasar Pakem – nah nanti di timur jalan ada Balai Desa Hargobinangun, letak Bhumi Merapi ada di belakangnya.
Bhumi Merapi mengembangkan potensi bidang pertanian, perternakan dan wisata alam yang ada di sleman dan kalian juga bisa melihat view gunung merapi dan outbond di Kali Kuning. Apa saja sih kegiatan di Bhumi Merapi?

Taman Kambing Perah

Nach, kalau kalian mau mengenal lebih jauh mengenai kambing di sininlah tempatnya. Ada beberapa jenis kambing di taman ini, kita bisa langsung memberi makan kambing, memerah susu, mengawinkan kambing, memberikan susu kepada kambing kecil. Bhumi Merapi sangat menjaga kebersihan area peternakan, setiap saat kotoran yang dikandang dibersihkan. Untuk kambing dimandikan satu kali dalam seminggu.
Memberi Makan Kambing

Taman Kelinci

Di taman kelinci ini kita bisa menemukan berbagai jenis kelinci. Berbagai kegiatan bisa dilakukan di taman kelinci, antara lain mengejar kelinci, memberi makan kelinci. Untuk menjaga kelinci selalu sehat ada perawatan rutin yang dilakukan agar kelinci tetap bersih. Kami juga belajar bagaimana memegang kelinci yang benar agar tidak menyakitinya.

Kawasan Reptil

Kalian pecinta reptil bisa melihat beberapa koleksi di bhumi merapi diantaranya ada iguana, kura-kura darat dan air, biawak dan ular. Semua binatang ini jinak gaes, jadi kita bisa berinteraksi dengan para binatang.

Taman Musang

Ada dua jenis musang yaitu pandan dan bulan, keduanya jinak dan kita bisa bermain, berfoto atau memberikan makan.
Taman Musang

Taman Hidroponik 

Ada beberapa macam tamanaman sayuran dan bunga, yang hasilnya dipakai untuk rumah makan yang ada di bhumi merapi. Dengan media air, tamanan ini di beri nutrisi yang berasal dari fermentasi urine kelinci. Bhumi merapi juga memberikan pelatihan untuk hidroponik. Jadi gaes di sini kita ndak hanya menikmati wisata agro dan alam, namun juga edukasi.

 

Unit Biogas

Semua kotoran kambing dan urine kelinci di olah menjadi biogas yang kemudian digunkan untuk memasak. Jadi meski telah menjadi limbah tetap dimanfaatkan agar tidak mencemari lingkungan. Di bhumi merapi terdapat air yang mengalir secara rutin yang dipakai untuk pasokan air untuk tanaman, ternak dan dapur dan air ini dialirkan tanpa menggunakan listrik.

Outbond Training

Tersedia outbond di lapangan, di kolam dan di kali kuning. di dukung dengan tim yang terlatih. Sehingga keamanan dan keselamatan terjaga. Kalian yang suka tantangan terdapat juga wisata offroad. Ada dua jeeb yang disediakan untuk mengunjungi tebing kera, watu kodok, mata air yang tak pernah putus di kali kuning, dam kali kuning. Waktu yang dihabiskan selama satu jam.

Kantin Tempoe Doeloe

Setelah selesai berpetualang, terdapat sebuah kantin yang masakannya bermacam-macam yang dihasilkan dari tanaman hidroponik. Ada juga loh sate kelinci, susu kambing murni.

Taman Bunga

Kalian yang hobbi selfie ada taman yang indah banget dan pendopo yang bisa digunakan untuk berkumpul.

Bhumi Merapi juga menyediakan area perkemahan dan camping keluarga. Tiket masuk sangat terjangkau. Untuk masuk hanya Rp 10.000,- dan apabila kalian mau naik kudahanya Rp 10.000 dan Rp 20.000 untuk kuda tunggangan. Yups, udah dulu cerita kali ini sampai nnati di coretan selanjutnya. Bye Bye…

Info Bhumi Merapi
Jalan Kaliurang KM 20 Sleman, Yogyakarta
CP 083840810999, 082336698228
IG @agrowisatabhumimerapi
FB Agrowisata Bhumi Merapi
www.bhumimerapi.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *