Prenatal Gentle Yoga Bersama Yesie Aprillia

Hai haii, balik lagi sama coretan via di sini. Semoga kalian senantiasa sehat selalu. Baiklah, hari ini aku mau cerita ke kalian. Aku mau cerita tentang satu program yang pernah aku ikuti saat hamil dulu. Yups, sesuai dengan judul coretan, kemarin aku ikut Prenatal Gentle Yoga by Bidan Kita. Yoga ini dilatih langsung oleh Budhe Yesie Aprillia dari Bidan Kita yang bekerja sama dengan Balance Mind Body Soul Jogja.

Duch, siapa sich yang nggak kenal dengan Budhe Yesi, bu bidan hits dari kota Klaten. Beliau mempunya klinik dengan nama BidanKita yang sebenarnya ada di Klaten gaes. Tapi karna saat ini kan aku stay di Jogja, dan kebetulan banget beliau ada kelas special di Studio Balance yaa udah deh ikutan.

Puji Tuhan, aku kebagian seat di kelas pertama, yaa Budhe Yesi mahh udah kayak artis, yoga nya selalu ditunggu dan dinanti. Peminatnya banyak banget. Karna selain sebagai seorang bidan beliau juga sebagai praktisi prenatal gentle yoga dan hypnobirthing yang mengisi beberapa seminar untuk tenaga kesehatan di beberapa daerah di Indonesia. Beliau juga berbagi ilmu di web bidankita.com dan menulis buku untuk ibu hamil.

Baiklah, kelas special yoga kemarin itu terdiri dari dua batch dan kebetulan saya ikut ke batch pertama. Bener-bener terbatas banget satu kelas berisi 17 orang saja. Dan untuk mengikuti kelas tersebut saya harus mendaftar jauh-jauh hari. Batch pertama di mulai pukul 08.00 dan selesai pada 10.30.

Diawali dengan cek tensi masing-masing ibu hamil. Senengnya saya disini bisa bertemu dengan orang baru dan tambah temen. Bumil yang sudah memasuki usia kehamilan 20 minggu sudah diperbolehkan untuk mengikuti yoga.

Dan disini saya menjadi peserta yang paling muda umur kehamilannya yaitu 24 minggu, sedangkan peserta lainnya kebanyakan sudah memasuki 30 minggu ke atas.

Kemudian kelas dimulai, dibagi menjadi dua bagian. Yaitu yang pertama nanti akan ada teori tentang proses melahirkan lancar dan nyaman, sesi kedua langsung praktek yoga.

Dalam sesi pertama kami dijelaskan mengenai dasar yang harus kita pahami mengenai jalan lahir. Kami diperkenalkan tentang tulang panggul bagaimana dia bekerja, bagaimana supaya tulang panggul kami dapat maksimal saat proses melahirkan nanti.

Kemudian pada sesi kedua kami mulai yoga Bersama bu Yesi, eitssss…. tentunya kami terlebih dahulu di cek tensinya. Untuk bumil yang nanti dipertengahan yoga merasa sesak nafas atau pusing, wajib istirahat terlebih dahulu.

Wow, ternyata di kelas ini tidak semua sering yoga, termasuk saya yang jarang olahraga. wkwkwk, serasa ada temennya. Karna tentu berbeda yaa seseorang yang sering yoga dengan yang jarang, kemampuan untuk nafas dan jangkakuan gerakan akan berbeda.

Kami mulai dengan belajar nafas perut. Kemudian mulai berkomunikasi dengan buah hati, mohon ijin kalua kita mau yoga. Dan kita sampaikan affirmasi kita kepada buah hati.

Sesi praktek kemudian dilanjutnya dengan gerakan yoga spesial untuk ibu hamil. Satu, dua gerakan dimulai. Di sini keliatan banget aku capek, nggak pernah gerak sih. Istirahat bentar terus lanjut lagi. Untuk gerakan yoga kalian bisa liat di YouTube atau web BidanKita.

Setelah dua jam berlalu dengan cepat, kelas selesai dan aku jadi ketagihan untuk ikut yoga selanjutnya. Walau sebenarnya badan terasa aduhai setelah yoga.

Jangan lupa baca cerita persiapan nikahku ya, klik sini.

Leave a Reply